Beranda > BERMAIN BACA TULIS KREATIF > Pengajaran 1 : NYANYIAN ABJAD

Pengajaran 1 : NYANYIAN ABJAD

TEMA DIRI SENDIRI

Tuhan menciptakan setiap makhluk hidup memiliki suara yang berbeda-beda, ada suara Burung, suara Harimau, suara angin, dan suara Manusia saat berbicara. ayo kita latih anugrah suara yang diberikan tuhan pada manusia dengan melatih pengucapan abjad yang benar.

ALAT

Buat kartu huruf dalam ukuran bebas, ditulis dengan menggunakan huruf besar pada bagian permukaan pertama dan huruf kecil pada permukaan sebaliknya. Musik pengiring jika diperlukan.

LANGKAH KEGIATAN

Posisi duduk dilantai/karpet/kursi meja Kartu huruf disusun dilantai menjadi empat baris seperti susunan dalam lagu abjad dibawah ini atau 26 kartu huruf itu dibagi kesejumlah anak yang hadir. Guru memberi contoh menyanyikan lagu abjad satu kali sambil menunjuk huruf-hurufnya Menyanyikan nyanyian abjad bersama-sama Sebagai variasi nyanyikan lagu abjad tanpa suara (gerakan mulut saja), dari tempo lambat sampai dengan tempo cepat.

SELAMAT DATANG 6 KATA TUNGGAL 1

Cofi enam kata tunggal 1, lalu guru memberitahukan bahwa selama satu minggu anak-anak akan belajar enam kata tunggal tersebut, lalu guru membacakan keenam kata tunggal itu kurang lebih selama enam detik. (aku, nama, usia, ayah, ibu, alamat).
Lakukan hanya satu kali saja, bila mau diulang istirahat dulu selama 15 menit hanya dua kali pengulangan.
untuk aktifitas menulis kreatif anak diberikan pilihan  ‘selamat datang 6 kata tunggal 1’ kemudian anak disuruh menjiplak salah satu 6 kata tunggal di kertas berwarna tipis.

MEWARNAI KATA TUNGGAL 1
Untuk kegiatan menulis kreatif pilihan lainnya, anak diberikan pilihan kata tunggal dari enam kata tunggal dihalaman 9 untuk diwarnai menggunakan crayon dengan warna sesuka anak.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar