Beranda > GAMES SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN > Modul 6 : BERKARYA KETERAMPILAN

Modul 6 : BERKARYA KETERAMPILAN

A. KEGIATAN
Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu negeri akherat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari kenikmatan duniawi dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS.Al Qashash, 28 : 77)

Perintah tuhan, agar manusia tidak berbuat kerusakan membuat manusia membuat karya keterampilan yang unik dan khas sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya. Daera-daerah di Nusantara ini memiliki karya keterampilan yang unik dan khas dan dikenal luas didaerah-daerah lainnya bahkan hingga kemanca negara.

B. ALAT DAN BAHAN
Berkarya keterampilan sangat ditentukan oleh alat dan bahan yang digunakan. Sebagian alat dan bahan yang dipergunakan sehari-hari seperti gunting, cutter dan lain-lain. Tetapi ada juga alat dan bahan yang khusus untuk satu jenis karya keterampilan saja.

C. LANGKAH KEGIATAN
Unsur-Unsur Karya Keterampilan :
1. Alat yang umum digunakan dalam proses berkarya keterampilan
Yakni berupa alat yang umum digunakan dalam berbagai proses berkarya keterampilan. Beberapa alat tersebut diantaranya adalah : Gunting, cutter, pisau, Golok/parang,gegep,tang,palu,alat gambar,alat tulis,dsb.
2. Alat Khusus untuk berkarya
Adalah jenis peralatan yang tidak umum tetapi sangat penting dalam pebuatan karya keterampilan,misalnya canting untuk kerajinan batik.
3. Bahan berkarya
Yakni yang digunakan secara kreatif dalam berkarya keterampilan, umumnya terdiri dari ; bahan lunak, bahan keras, bahan alami dan bahan buatan (sintetis).
4. Tekni berkarya umum dalam berkarya yakni ; teknik memotong, teknik menggunting, teknik menempel, teknik melipat, teknik menggambar, mektik mewarnai, teknik membetuk, teknik mengkontruksi.
5. Teknik khusus dalam berkarya yakni teknik-teknik yang dipergunakan dalam berkarya kerajinan, diantaranya ; menganyam, menyungging, membatik, dan memahat.

D. GAMES
Perhatikan jaringan dalam Indikator SBS Kelas 2 Semester 1, kemudian anda ditugaskan secara perorangan untuk membuat sebuah karya keterampilan tematik dengan gagasan dari kurikulum/pelajaran di sekolah dengan menggunakan salah satu atau beberapa unsur-unsur keterampilan diatas. lalu latih kembali untuk dipamerankan atau dijual.

E. APRESIASI DAN KRITIK SENI
Tahapan Apresiasi dan kritik seni Keterampilan yang baik :
1. Deskripsi / bercerita
Yakni berupa kegiatan mahasiswa yang lain menilai dan menceritakan atau menguraikan kembali apa adanya seperti yang tampak terlihat dihadapan kita atau segala sesuatu fenomena karya keterampilan yang dilihatnya. Berdasarkan Analisis Formal dengan menelusuri atau menganalisis berdasarkan Unsur-unsur seni keterampilan.

2. Evaluasi atau penilaian
Tahapan dalam kritik untuk menentukan kualitas suatu karya seni bila dibandingkan dengan karya lain yang sejenis. Disini Mahasiswa membandingkan dengan karya yang sejenis yang pernah dilihatnya.

3. Interpretasi
Penafsiran makna sebuah karya seni keterampilan meliputi tema yang digarap, simbol yang dihadirkan dan masalah-masalah yang dikedepankan kemudian Mahasiswa memberikan saran apa yang perlu ditambah atau dikurangi dari karya tersebut.

F. Selesai.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: