Beranda > GAMES SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN > Modul 5 : BERKARYA SENI MUSIK

Modul 5 : BERKARYA SENI MUSIK

A. KEGIATAN
Sejumlah penelitian membuktikan, musik mampu meningkatkan kecerdasan anak. Sekitar 4 tahun lalu, kebenaran teori ini diuji ulang oleh Prof. Martin Gardiner, ahli riset otak, yang melakukan penelitiannya terhadap 96 anak usia 5-7 tahun di sekolah musik di Providence, Rode Island (Inggris). Hasilnya, musik ternyata dapat membantu memperbagus kemampuan dasar membaca, menulis, dan berhitung pada anak-anak. Bahkan anak-anak yang berkemampuan membaca di bawah rata-rata pun dapat mengejar ketinggalannya setelah mereka diperkaya dengan pelajaran musik.

B. ALAT DAN BAHAN
1. Sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia.

C. LANGKAH KEGIATAN
1. Unsur-Unsur Seni Musik
Musik apapun yang kita dengar baik tradisional maupun nontradisional, tentu saja memiliki sejumlah unsure yang saling mendukung antara satu dengan lainnya. Unsure-unsur itu dibuat menjadi satu kesatuan dalam bentuk komposisi music yang tidak dapat dipisahkan, sehingga membentuk sebuah karya music yang siap untuk dinikmati. Unsur-unsur music itu adalah : suara, nada, ritme, melodi, harmoni dan notasi.

(g) Suara
Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam tala (pitch, yaitu tinggi nada), durasi (berapa lama suara ada), intensitas, dan timre (warna bunyi).

(h) Nada
Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relative tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling lazim adalah tangga nada minor dan tangga nada pentatonic. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut.

(i) Ritme / Birama
Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan dan pembedaan durasi.

(j) Melodi
Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).

(k) Harmoni
Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan seperti dalam arpeggio. Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.

(l) Notasi
Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertical sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horizontal. Kedua unsure tersebut membentuk paranadaa, disamping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.

B. Games
Perhatikan jaringan dalam Indikator SBS Kelas 1 Semester 1, kemudian anda ditugaskan secara perkelompok untuk membuat sebuah karya musik / lagu bebas/ekspresi gagasan dari kurikulum/pelajaran di sekolah dengan menggunakan salah satu atau beberapa unsur-unsur seni musik / lagu diatas. lalu latih kembali untuk dipentaskan disekolah sebagai praktek kompetensi.

C. Apresiasi dan Kritik Seni
Tahapan Apresiasi dan kritik seni yang baik :
1. Deskripsi / bercerita
Yakni berupa kegiatan mahasiswa yang lain menilai dan menceritakan atau menguraikan kembali apa adanya seperti yang tampak terlihat dihadapan kita atau segala sesuatu fenomena karya yang dilihatnya. Berdasarkan Analisis Formal dengan menelusuri atau menganalisis berdasarkan Unsur-unsur seni musik.

2. Evaluasi atau penilaian
Tahapan dalam kritik untuk menentukan kualitas suatu karya seni bila dibandingkan dengan karya lain yang sejenis. Disini Mahasiswa membandingkan dengan karya yang sejenis yang pernah dilihatnya.

3. Interpretasi
Penafsiran makna sebuah karya seni meliputi tema yang digarap, simbol yang dihadirkan dan masalah-masalah yang dikedepankan kemudian Mahasiswa memberikan saran apa yang perlu ditambah atau dikurangi dari karya tersebut.

D. Selesai.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: