Beranda > GAMES SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN > Modul 4 : BERKARYA SENI TARI

Modul 4 : BERKARYA SENI TARI

1. KEGIATAN

Dalam menikmati anugerah hidup yang diberikan oleh Allah SWT., manusia berekspresi dengan menyusun gerakan-gerakan badan yang indah membentuk suatu seni tari yang bertujuan memenuhi kebutuhan jiwa akan rasa indah. Melalui tari, anak dilatih untuk menggerakkan berbagai sensori motoriknya, melatih kepekaannya mengkoordinasikan antara gerakan dan bunyi, mengintrepretasikan pengalaman disekitarnya dalam gerak dan sebagainya.  Disamping itu, Melalui olahan atau buatan seni tari siswa dapat memahami kekayaan berbagai jenis varian tari dan kebudayaan di daerahnya maupun di daerah lain bahkan di mancanegara.

B.  ALAT DAN BAHAN

1.    Properti yang digunakan, rias dan busana (integrasi dengan Unsur Rupa)

2.    Musik / lagu anak-anak yang umum (Integrasi dengan Unsur musik)

C.  LANGKAH KEGIATAN

1.    Unsur-Unsur Seni Tari

Unsur-unsur dalam tari terdiri dari beberapa jenis, unsur-unsur itu merupakan satu kesatuan yang tidak dapat diabaikan dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Dalam tari unsure-unsur itu adalah ; (a) Gerak, (b) Tenaga, (c) Irama atau ritme, (d) Ruang.

(a)      Gerak

Gerak merupakan medium utama dalam tari, karena gerak merupakan bahan baku atau subtansi dasar dari tari. Ide gagasan bermula dari gerak keseharian, bermain, olah raga, dan sebagainya kemudian diolah kedalam bentuk stilasi dan distorsi  lalu di dikomposisikan dan disusun berdasarkan kebutuhan ungkapan tarian sehingga menjadi satu komposisi atau koreografi. Terdapar dua jenis gerak tari yaitu gerak maknawi adalah gerak yang memiliki arti, dan gerak murni gerak tari yang tidak memiliki arti khusus dimana ungkapan gerak seutuhnya untuk keindahan gerak semata.

Wiraga yaitu kemampuan penari dalam melakukan/menarikan gerak dengan benar dan baik.

(b)      Tenaga

Tenaga dalam tarian terdiri dari tenaga kuat dan tenaga lembut, keduanya digunakan untuk mengawali, mengendalikan dan menghentikan gerak juga untuk membedakan adanya gerak yang bervariasi.

Baik tenaga kuat maupun tenaga lebut keduanya dalam tari digunakan sesuai dengan kebutuhan ungkapan tarian seperti karakter,tema dan yang lainnya. Oleh karena itu melalui unsur tenaga dapat membedakan jenis tarian yang satu dengan lainnya.

(c)      Ritme / Irama

Ritme / irama adalah gerakan lambat, sedang dan cepat dalam tarian, setiap tarian dibawakan dengan ritme yang bervariasi sehingga tampak lebih menarik.

Wirahma yaitu kemampuan penari dalam melakukan penghayatan secara musical.

(d)     Ruang

Pengertian ruang dalam tari adalah tempat yang digunakan untuk kebutuhan gerak. Gerak yang dilakukan dalam ruang dapat dibedakan ; (1) ruang sebagai tempat pentas dapat berupa arena, panggung proscenium, atau tempat pertunjukan lainnya. (2) ruang diciptakan oleh penari ketika membawakan tarian. Ketika penari menarikan gerak burung ruang yang digunakan akan lebih luas dibanding ketika penari menarikan gerak semut.

(e)      Wirasa

Yaitu kemampuan penari dalam mengekspresikan dan menghayati tarian yang dibawakan sehingga mampu menentukan sifat atau karakter tarian. Seperti ekspresi tari gagah, ekspresi tari halus, ekspresi tari lincah dan sebagainya.

(f)       Harmonis

Yaitu keserasian serta keterpaduan dari seluruh komponen tari yaitu ; wiraga, wirahma, dan wirasa ketika penari menari diatas panggung.

1.      Games

Perhatikan jaringan dalam Indikator SBS Kelas 1 Semester 1, kemudian anda ditugaskan secara perkelompok untuk membuat sebuah karya tari bebas/ekspresi gagasan dari kurikulum/pelajaran di sekolah dengan menggunakan salah satu atau beberapa unsur-unsur seni tari diatas. Pencarian gerak lakukan saat kuliah kemudian tentukan musik/lagu anak-anak lalu latih kembali di rumah untuk dipentaskan dikampus sebagai UTS praktek.

2.      Apresiasi dan Kritik Seni

Tahapan Apresiasi dan kritik seni yang baik :

a.         Deskripsi / bercerita

Yakni berupa kegiatan mahasiswa yang lain menilai dan menceritakan atau menguraikan kembali apa adanya seperti yang tampak terlihat dihadapan kita atau segala sesuatu fenomena karya yang dilihatnya. Berdasarkan Analisis Formal dengan menelusuri atau menganalisis berdasarkan Unsur-unsur seni tari.

b.         Evaluasi atau penilaian

Tahapan dalam kritik untuk menentukan kualitas suatu karya seni bila dibandingkan dengan karya lain yang sejenis. Disini Mahasiswa membandingkan dengan karya yang sejenis yang pernah dilihatnya.

c.         Interpretasi

Penafsiran makna sebuah karya seni meliputi tema yang digarap, simbol yang dihadirkan dan masalah-masalah yang dikedepankan kemudian Mahasiswa memberikan saran apa yang perlu ditambah atau dikurangi dari karya tersebut.

3.      Selesai.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: