Beranda > GAMES SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN > Modul 3 : BERKARYA SENI RUPA

Modul 3 : BERKARYA SENI RUPA

A. KEGIATAN

Sebagai seorang guru, pemahaman terhadap esensi berkarya seni rupa sangat tergantung dengan kondisi lingkungan tempat seniman berada, sehingga melalui olahan atau buatan seni rupa siswa dapat memahami kekayaan alat dan bahan alam lingkungannya.

B.  ALAT DAN BAHAN

1.    Bahan alam

2.    Kerta lipat, gunting, lem, mistar, dus bekas berbagai ukuran bebas, benang kasur, sedotan,kapas.

C.  LANGKAH KEGIATAN

1.      Unsur-Unsur Seni Rupa

Pengetahuan dan gagasan ekspresi seni mengolah unsur-unsur seni rupa sesuai dengan keahlian dan kepekaan yang dimilikinya dalam mewujudkan gagasan karya seni. Unsur-unsur seni rupa umumnya dikelompokkan sebagai berikut ; (1) garis/line; (2) Raut (bidang dan Bentuk); (3) Ruang ; (4) Tekstur ; (5) Warna ; (6) Gelap-Terang.

2.      Prinsip-Prinsip Dasar Seni Rupa

Prinsip-prinsip seni rupa adalah kaidah atau aturan baku yang diyakini oleh beberapa seniman secara konvensional dapat membentuk sebuah karya seni yang baik dan indah.

Kaidah atau aturan baku ini disebut komposisi, berasal dari bahasa latin compotio yan artinya menyusun atau menggabungkan menjadi satu. Komposisi mencakup tiga bagian pokok yaitu : (1) Unity (kesatuan) (2) balance (Keseimbangan) (3) rhythm (penekanan,proporsi dan keselarasan).

(1)   Unity dalam karya seni rupa menunjukkan keterpaduan berbagai unsure (fisik dan non fisik) dengan karakter yang berbeda dalam sebuah karya. Unsure yang berpadu dan saling mengisi akan mendukung terwujudnya karya seni yang indah.

(2)   Balance, keseimbangan dalam penyusunan berbagai unsure ini ada yang simetrsi, yaitu menunjukkan atau menggambarkan beberapa unsure yang sama diletakkan dalam susunan yang sama (kiri-kanak, atas-bawah,dll).dan ada pula yang asimetris yaitu penyusunan unsure atau objeknya tidak ditempatkan secara sama namun tetap menunjukkan kesen keseimbangan.

(3)   Rhythm, tidak hanya dikenal dalam seni music. Dalam seni rupa, irama merupakan kesan gerak yang timbul dari penyusunan atau perpaduan unsure-unsur seni dalam sebuah komposisi. Kesan gerak dalam irama tersebut dapat bersifat harmoni dan kontras, pengulangan (repetisi) atau variasi.

3.      Games

Perhatikan jaringan dalam Indikator SBS Kelas 1 Semester 1, kemudian anda ditugaskan untuk membuat sebuah karya bebas/ekspresi gagasan dengan menggunakan alat dan bahan diatas (Bahan alam, Kardus bekas dengan ukuran bebas, Kerta lipat, gunting, lem, mistar, benang kasur, sedotan, kapas.)

4.      Apresiasi dan Kritik Seni

Tahapan Apresiasi dan kritik seni yang baik :

a.       Deskripsi / bercerita

Yakni berupa kegiatan mahasiswa yang lain menilai dan menceritakan atau menguraikan kembali apa adanya seperti yang tampak terlihat dihadapan kita atau segala sesuatu fenomena karya yang dilihatnya. Berdasarkan Analisis Formal dengan menelusuri atau menganalisis berdasarkan Unsur-unsur seni rupa dan prinsip-prinsip dasar seni rupa.

b.      Evaluasi atau penilaian

Tahapan dalam kritik untuk menentukan kualitas suatu karya seni bila dibandingkan dengan karya lain yang sejenis. Disini Mahasiswa membandingkan dengan karya yang sejenis yang pernah dilihatnya.

c.       Interpretasi

Penafsiran makna sebuah karya seni meliputi tema yang digarap, simbol yang dihadirkan dan masalah-masalah yang dikedepankan kemudian Mahasiswa memberikan saran apa yang perlu ditambah atau dikurangi dari karya tersebut.

5.      Selesai.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: