Beranda > Tidak Dikategorikan > PROGRAM PELATIHAN PTK PAUD

PROGRAM PELATIHAN PTK PAUD

BAB III

PELAKSANAAN DAN HASIL PENELITIAN

Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan ditampilan dalam bagian ini. Menurut Kemmis (1983) menjelaskan bahwa PTK adalah sebuah bentuk inkuiri reflektif yang dilakukan secara kemitraan mengenai situasi sosial tertentu ( termasuk pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan dari kegiatan prakterk sosial, pemahaman suatu kegiatan, dan situasi suatu kegiatan (Dalam Prof. Dr. Rochiati Wiriaatmadja. Metode Penelitian Tindakan Kelas, hal.12). Urutan penjabarannya adalah sebagai berikut ; (A) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas; (B) Hasil Penelitian Tindakan Kelas.

Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui dampak permainan balok pada pengembangan kognitif matematika di taman kanak-kanak.

A. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

Intervensi Tindakan Atau Rancangan Siklus Penelitian

Bagan 3.1. Rancangan Siklus Penelitian

perencanaan

Siklus I Pelaksanaan

Siklus II Pelaksanaan

Perencanaan

Refleksi

Refleksi

Pengamatan

Pengamatan

Hasil Penelitian

LANGKAH-LANGKAH

KEGIATAN

1. Guru mengenalkan bentuk-bentuk balok

2. guru mengelompokkan/klasifikasi balok, warna, besar dan kecil

3. menyusun balok

4. menghitung balok yang tidak tersusun

5. membuat bentuk bangunan sederhana sesuai keinginan

6. mempresentasikan hasil bangunan yang dibuatnya

RESPON SISWA

1. anak belum tahun bentuk balok

2. anak tidak mengetahui fungsi balok

3. anak tidak menyelesaikan pekerjaannya

4. imajinasi anak kurang

5. anak tidak bisa mengurutkan angka

6. belum bisa mempresentasikan hasil

PENYEBAB RESPON

1. guru tidak menjelaskan bentuk balok secara berulang-ulang

2. guru tidak memberi contoh dan mempraktekkan

3. guru kurang mengarahkan dan tidak ikut bermain

4. guru tidak mempraktekkan konsep bilangan melalui balok

5. guru kurang memberi motivasi/melatih keberanian anak untuk mengungkapkan

SIKLUS 1

1. guru menjelaskan bentuk balok secara berulang-ulang

2. guru memberikan contoh dan mempraktekkan

3. guru memberikan motifasi

4. guru mengarahkan dan ikut bermain

5. guru mempraktekkan dan mengenalkan konsep bilangan secara langsung bersama anak.

6. guru memotifasi dan melatih keberanian anak untuk mengungkapkan / mempresentasikan bangunan yang dibuat.

REFLEKSI 1

KEBERHASILAN

1. anak hafal bentuk-bentuk balok

2. anak mengetahui cara menggunakan balok

3. anak dapat menyelesaikan permainan balok

4. anak menyukai permainan balok

5. anak dapat mengurutkan bilangan dengan benar

6. anak mulai berlatih mempresentasikan / mengungkapkan

KEGAGALAN

1. reflkesi 1 berhasil

2. refleksi 2 berhasil

3. refleksi 3 berhasil

4. refleksi 4 berhasil

5. refleksi 5 berhasil

6. refleksi 6 ; anak masih belum mampu mempresentasikan bentuk bangunan yang dibuatnya.

SIKLUS 2

1. guru menjelaskan bentuk balok secara berulang-ulang

2. guru memberikan contoh dan mempraktekkan

3. guru memberikan motifasi

4. guru mengarahkan dan ikut bermain

5. guru mempraktekkan dan mengenalkan konsep bilangan secara langsung bersama anak.

6. guru memberi rangsangan dengan metode bercaka-cakap dan banyak pertanyaan untuk memancing jawaban anak sehingga anak dapat mengungkapkan hasil bentuk bangunan yang dibuatnya.

B. Hasil Penelitian Tindakan Kelas.

Kategori:Tidak Dikategorikan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar